0 Comment

5 effect neative dari selfie

1. Kamu Jadi Terobsesi Selfie

Menurut sebuah penelitian, kecanduan selfie bisa membuat orang terobsesi dengan selfie. Apa-apa yang dipikirkan cara selfie yang sempurna. Hal ini secara psikologi diklaim mengalami gangguan mental karena hobi memotret diri sendiri merupakan refleksi sikap yang merasa diri cantik dibandingkan orang lain. Selfie juga merupakan salah satu tanda rasa percaya diri yang rendah.

2. Respon Negatif dari Lingkungan Sekitar

Foto-foto selfie kamu memang terlihat cantik dan menarik. Namun bagaimana kenyataannya. Apakah kamu secantik yang ada di foto? Inilah yang akhirnya menimbulkan pertanyaan dari lingkungan sekitar mengenai dirimu. Jika foto dan kenyataannya berbanding terbalik, beberapa orang di sekitarmu malah akan menjadikan foto selfiemu bahan olok-olok di media sosial.

3. Menimbulkan Rasa Iri dan Merusak Pertemanan

Secara tidak sadar melihat foto selfie teman yang cantik, kamu akan membandingkan diri dengan orang lain. Kalau tidak timbul rasa iri, kepercayaan diri akan terpengaruh. Banyak pertemanan rusak karena salah satu pihak gemar selfie. Karena banyak orang mengaku muak melihat orang yang sering berpose selfie dan mengunggahnya ke media sosial.

4. Krisis Kepercayaan Diri

Selain masyarakat pada umumnya, sejumlah selebriti dunia juga kegandrungan dengan selfie. Nah, melihat para selebriti rupawan tersebut berpose begitu menawan, tak pelak menciptakan standarisasi kecantikan di luar jangkauan. Akhirnya, tren ini pun menciptakan krisis identitas pada sebagian wanita terutama yang berusia muda. Alhasil, tak sedikit dari mereka yang melakukan langkah ekstrim seperti diet berlebihan dan operasi plastik.

5. Narsis yang Berlebihan

Penelitian yang dipublikasikan pada Psychology Today mengatakan orang yang gemar selfie, umumnya haus perhatian dan menginginkan atensi lebih dari lingkungannya.

Kalau kamu sudah mulai kecanduan selfie, coba dicek apakah kamu sudah mengalami efek-efek samping di atas. Kalau sudah coba dikurangi dosis selfienya. Kalau masih diteruskan, bisa-bisa kamu overdosis selfie lho.

Posting Komentar

Like This

 
Top